Bila
mendengar sebuah kalimat Desain Permodelan Grafik apa yang terlintas dipikiran
anda? Apakah itu tentang teknik pendesainan? Jika iya,maka anda sepikiran
dengan saya Desain Pemodelan Grafik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang
teknik membuat sebuah objek, memanipulasi gambar dan membuat sebuah gambar
dapat terlihat seperti hidup (bergerak). Proses ini sepenuhnya dilakukan oleh
computer. Kita kini sudah ketahui semua bahwa grafika computer bukan hanya
permodelan 2D saja yang hanya menggambarkan sebuah penggambaran tampak
depan,namun ada pula permodelan 3D yang lebih terlihat seperti nyata. Itu semua
sesuai dengan perkembangan computer yang sangat pesat.
Memang
proses pada pemodelan 3D membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa
tahapan untuk pembentukannya. Seperti obyek apa yang ingin dibentuk sebagai
obyek dasar, metoda pemodelan obyek 3D, pencahayaan dan animasi gerakan obyek
sesuai dengan urutan proses yang akan dilakukan.
Perkembangan
grafis computer telah membuat kita dapat berinteraksi dengan mudah dengan
computer. Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang besar pada banyak
jenis media dan telah merevolusi industri dibidang animasi dan video game.
Istilah komputer grafis telah digunakan dalam arti luas untuk menggambarkan “segala
sesuatu pada komputer yang bukan berupa teks atau suara”. Biasanya istilah
komputer grafik banyak digunakan pada beberapa hal yaitu pada representasi dan
manipulasi data citra oleh computer,berbagai teknologi yang digunakan untuk
membuat dan memanipulasi gambar pada gambar yang dihasilkan sub-bidang ilmu
komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi
konten visual.
Saat ini,
komputer grafis menghasilkan segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan
berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari. Citra komputer grafik dapat
ditemukan di televisi, di koran, film dsb. Seperti misalnya dalam laporan
cuaca atau dalam semua jenis
penyelidikan medis dan prosedur operasi.
Grafis yang dibuat dengan baik dapat mepresentasikan hal yang terlihat
sulit menjadi suatu hal yang mudah dan dapat mudah dipahami. Grafik juga dapat
digunakan dalam media seperti laporan,thesis,serta tugas-tugas makalah. Untuk
mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk
mendukung kinerja dari komputer grafis. Perangkat-perankat lunak tersebut dapat
dikategorikan menjadi 3, yaitu: untuk 2D, 3D, dan animasi grafis. Karena
teknologi berkembang pesat kebanyakan digunakan adalah perangkat 3D ,tetapi
tidak sedikit yang masih menggunakan perangkat komputer grafis 2D. Oleh karena itu Komputer Grafis telah
muncul sebagai sub-bidang ilmu komputer
yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual.
Elemen-elemen pembentuk Grafik
Geometri
Komputer
grafis digunakan untuk meningkatkan transfer dan memahami informasi dalam ilmu
pengetahuan, teknik, kedokteran, pendidikan, dan bisnis, produksi, dan
menampilkan gambar sintetik obyek alam dengan realisme. Interaksi pengguna
dapat ditingkatkan melalui animasi, yang menyampaikan sejumlah besar
informasi dari gambar yang terlihat
hidup.
Animasi
secara luas digunakan dalam hiburan, pendidikan, industri, simulator
penerbangan, penelitian ilmiah, dan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi
dengan dunia maya. Dengan adanya grafika dan visualisasi komputer kita dapat
mempermudahkan dan mempercepat pekerjaan khususnya dalam interakasi manusia
dengan komputer, karena interaksi sudah berbentuk gambar/visual (GUI, Graphical
user interface) seperti menu atau icon, bukan lagi dalam bahasa hitam
(perintah-perintah yang harus di inputkan) yang sulit dilakukan. Dengan kata
lain menjadi efektif dan efisien.dan juga memperindah tampilan (lebih menarik)
sehingga tidak mudah bosan.
Berikut ini ada beberapa kegiatan
yang berhubungan dengan grafik computer, diantaranya adalah :
- Pemodelan geometris
Pemodelan
geometris merupakan cabang dari matematika terapan dan komputasi geometri yang
mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi matematika bentuk. Bentuk belajar di pemodelan geometris tersebut
kebanyakan 2D atau 3D, karena 2D adalah model yang penting dalam komputer
tipografi dan gambar teknik. Tiga dimensi model adalah pusat untuk computer
aided design dan manufacturing (CAD / CAM), dan banyak digunakan dalam bidang
teknik seperti sipil dan mechanical engineering, arsitektur, geologi dan medis
pengolahan gambar.
Geometris
model yang bisa ditampilkan pada computer seperti shape/bentuk, posisi,
orientasi, warna/tekstur, dan cahaya. Pada goemetris model juga terdapat
tingkat-tingkat kesulitan untuk membuat suatu obyek seperti menghubungkan
beberapa bentuk sudut pada permukaan bebas karena bentuk sudut tersebut harus
pas dan teliti ukurannya agar gambar terlihat nyata. Dengan kata lain
menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
- Animasi
animasi
komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui penggunaan computer.
Animasi yang dulunya mempunyai prinsip yang sederhana, sekarang telah
berkembang menjadi beberapa jenis, yaitu: Animasi 2D dan Animasi 3D. Perbedaan
dari animasi 2D dan 3D visual adalah dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D
menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D visual menggunakan
koordinat x, y dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek
secara lebih nyata. Salah satu contoh bentuk animasi 2D adalah Tom and Jerry
dan untuk contoh dalam animasi 3 D adalah Toy Story 2.
Jenis-jenis animasi
- Animasi 2D
- Animasi 3D
- Animasi tanah Hat (Clay Animation)
- Animasi Jepang (Anime).
Software Pembuat Animasi
Di pasaran
sekarang ini sudah banyak beredar softwarwe pembuat animasi, baik itu 2D atau
3D. Untuk lebih jelasnya perhatikan daftar dibawah ini yang disusun berdasarkan
kriterianya.
- Software Animasi 2 Dimensi:
Macromedia
Flash, CoRETAS, Corel R.A.V.E., After Effects, Moho, CreaToon, ToonBoom, Autodesk
Animaton (1990-an) dll
- Software Animasi 3 Dimensi:
Maya, 3D
Studio Max, Maxon Cinema 4 D, LightWave, Softlmage, Poser, Motion Builder, Hash
Animation Master, Wings 3D, Carrara, Infini-D, Canoma dll
- Rendering
Rendering
adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer.
Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling,
animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan
dalam sebuah bentuk output. Dengan kata lain memproduksi citra yang lebih solid
dari model yang telah dibentuk.
Tipe-Tipe Citra
- Grafis Komputer 2D
Grafik
komputer 2D adalah pembuatan objek
gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh
adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D
kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan
menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.
- Pixel Art
Pixel art
adalah sebuah bentuk seni digital, yang diciptakan melalui penggunaan perangkat
lunak grafik raster di mana gambar akan diedit pada tingkat pixel. Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau
game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
- Vector graphics
Berbeda
dengan pixel, grafik vektor merupakan representasi dari gambar dengan berupa
array pixel. Dimana keunggulannya adalah pada resolusi berapapun dan tingkat
pembesaran apapun gambar yang dihasilkan tetap(tidak blur atau pecah)
- Grafik Komputer 3D
Grafik
komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan
cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat
secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan
untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.
- Animasi Komputer
Animasi
Komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui komputer. Biasanya ini digunakan pada film-film animasi
berbudget besar. Tetapi film-film non animasi juga banyak yang menggunakan
teknik ini, sebut saja Lord Of The Ring,
Harry Potter, dsb.
sumber : http://neuroindonesian.blogspot.com/2011/10/desain-pemodelan-grafik.html
No comments:
Post a Comment