Terima kasih ya sudah mampir di blog saya :)

Sunday, March 11, 2012

manusia dan perkembangannya

MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA

Manusia merupakan mahluk hidup yang lebih sempurna bila dibandingkan dengan mahluk hidup lainnya.Akibatnya manusia mengalami perkembangan dan perubahan-perubahan baik dari segi Fisiologis maupun psikologis.
Teori – teori perkembangan tersebut antara lain :

1.      Teori Navitisme
Perkembangan manusia ditentukan oleh faktor Nativus yaitu keturunan yang dibawah oleh individu sejak lahir.( Schopenhaur; Bigot,dkk,1950 )
Menurut teori ini sewaktu individu dilahirkan telah membawa sifat-sifat tertentu, dan sifat-sifat inilah yang menentukan keadaan individu ,sedangakan factor lingkungan atau pendidikan tidak terpengaruh terhadap perkembangan individu.

  1. Teori Emperisme
Teori ini menyatakan bahwa perkembangan seseorang individu akan ditentukan oleh empirinya atau pengalaman- pengalamannya ( lingkungan ) ( John Lock )
Dalam teori ini memandang bahwa pendidikan merupakan usaha yang cukup mampu untuk membentuk pribadi individu.

  1. Teori Konvergensi.
Teori ini penggabungan dari kedua teori diatas yaitu baik pembawaan maupun pengalaman atau lingkungan mempunyai peranan yang penting didalam perkembangan individu ( William Stern ). Dari bermacam-macam teori perkembangan tersebut diatas. Teori yang dikemukakan William Stern lah merupakan teori yang dapat diterima oleh para ahli pada umumnya. Sehingga teori ini merupakan salah satu hukum perkembangan individu disamping hukum-hukum perkembangan lainnya. Dari uraian diatas dapat dikemukakan bahwa perkembangan individu itu akan ditentukan oleh faktor bawaan ( endogen ) faktor keadaan maupun lingkungan ( eksogen )


 http://blog.unsri.ac.id/Bani/pengetahuan/manusia-dan-perkembangan/mrdetail/14771/

No comments:

Post a Comment